Jumat, 29 April 2011

contoh soal pancasila sms 1

1.     Sebelum suatu bangsa menyatakan kemerdekaan yang selalu dipersiapkan adalah dasar falsafah negara yang akan dibentuk, yang dilakukan bangsa Indonesia pun demikian, mengapa?
2.     Pokok pikiran pertama pada Pembukaan UUD 1945 adalah persatuan, mengapa persatuan bukan yang lain?
3.     Rumusan Pancasila yang murni dan resmi adalah yang terdapat pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, mengapa?
4.     Antara Pembukaan UUD 1945 dengan Proklamasi 17 Agustus  1945 terdapat hubungan yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan, apa maksudnya?
5.     Jika sampai sekarang ini telah 60 tahun pasca pernyataan Kemerdekaan Indonesia, akan tetapi jika ada yang menyatakan bahwa saat Indonesia belum merdeka apa komentar saudara?
6.     Pada UUD 1945 tidak terdapat kata Pancasila, akan tetapi kita meyakini Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Pada kalimat mana yang dapat dipakai sebagai dasar hukum, bahwa Indonesia harus berideologi Pancasila?
1.      Kemerdekaan adalah hak kodrat yang melekat pada setiap orang, bangsa dan negara apa maknanya?
2.      Menurut saudara perubahan kata pada Piagam Jakarta dari Hukum Dasar menjadi Undang-undang Dasar seperti yang termuat dalam alinea ke-4 itu tepat ataukah tidak? Jelaskan!
3.      Pada alinea ke-3 Pembukaan UUD 1945 terkandung pengertian tentang pengakuan nilai religius, jelaskan apa yang dimaksud dengan pengakuan ini!
4.      Sejak dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, lahirlah bangsa Indonesia yang bebas dari penjajah. Tetapi secara yuridis pada waktu itu belum dapat dikatakan sebagai negara Republik Indonesia. Apa pendapat saudara dengan pernyataan tersebut, bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum dapat dikatakan sebagai negara?
5.       Teks Pancasila tidak hanya ada pada alenia ke-4 Pembukaan UUD 1945, benarkan demikian? Jelaskan!
6.       Terdapat empat pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945, pokok pikiran yang keempat adalah Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, apa maksudnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar