Minggu, 01 Mei 2011

contoh soal pendidikan agama islam sms 2


1.     Jelaskan pengertian duduk Iftirasy dan  duduk tawarru’ di dalam sholat. Pada saat sholat empat reka’at, kapan kita harus melakukan duduk iftirasy dan duduk tawarru’ ?
2.     Tuliskan transliterasi (huruf latin) surah al-Fiil ! Kemudian jelaskan kasus yang terjadi pada setiap huruf  “nun” sukun, tanwin, dan huruf “mim” sukun.  
3.     Saat sujud adalah saat kita paling dekat kepada Allah SWT, berdo’alah  dengan panjang mengenai apa saja yang menjadi hajat kita. Bacaan apa saja yang boleh kita baca ketika sujud (Minimal 3 macam do’a) ? Bagaimana posisi tubuh kita ketika sedang sujud ?
4.    Gempa dan gelombang pasang Tsunami adalah fenomena alam. Namun sebagai muslim, kita harus mengatakan bahwa hal itu terjadi bukan semata – mata faktor alam, tapi faktor “Ilahiyyah” atau kehendak Allah. Bila kita lihat dari faktor kedua (Ilahiyyah), menurut saudara mengapa tsunami bisa terjadi ? Apakah tsunami juga mungkin terjadi didaerah kita ? Apa hikmah yang harus kita ambil dari musibah Acah ?
5.   Al-Qur’an berisi 114 surah, dan masing – masing surah mempunyai nama yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi dalam surah tersebut. Sebutkan sepuluh surah yang anda ketahui diluar surah – surah juz ‘Amma.
  1. Coba jelaskan apa yang anda ketahui tentang bacaan :
    1. Idhar
    2. Idghom
    3. Ikhfa’
    4. Iqlab
  1. Berilah contoh masing-masing bacaan tersebut 3 (tiga) dan sebutkan terdapat dalam Al Qur’an surat apa ?
  1. Berilah contoh perilaku/sikap mahasiswa/I muslim ketika :
    1. Di lingkungan keluarga
    2. Di lingkungan masyarakat
    3. Di lingkungan kampus
  1. Pengaruh syahadah pada diri seseorang tercermin pada sikap atau perilaku sehari-hari. Coba sebutkan bagaimana pengaruh tersebut ?
  1. Ketika terjadi isu akan terjadinya bencana alam di lingkungan kita, sebagai seorang muslim apa yang anda lakukan ?
  1. Apa yang anda peroleh selama mengikuti kuliah agama ? Adakah perubahan dalam diri anda ? Coba jelaskan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar